Cara Mudah Tanam Bawang Merah Berbuah Sangat Banyak


Bertani bawang merah sebenarnya sangat menguntungkan sekali bagi para petani bawang. Apalagi jika dapat fluktuasi harga bawang merah yang sedang tinggi saat panen

1. Memakai Bibit Bawang Merah Pilihan

Ada beberapa jenis bibit bawang merah, di antara nya bibit bawang merah lokal dan bibit bawang merah hibrida.
Sebaiknya menggunakan benih atau bibit bawang merah dari umbi yang sudah tua sekitar umur 80 – 100 hari, namun tergantung juga pada lokasi tanam nya.
Ukuran benih yang dibutuhkan tergantung jenis bibit atau varian bawang merah yang akan di tanam, apabila bobot benih 5 gram dengan jarak tanam 20 x 20 maka membutuhkan sekitar 1,4 ton benih untuk setiap hektar nya.
Dan jika jarak tanam 15 x 15  membutuhkan sekitar 2,4 ton benih per hektar. Jika ukuran dan berat benih lebih kecil lagi maka  kebutuhan bibit per hektar nya semakin sedikit.


2. Menyiapkan dan Teraphy Media Tanam

Media tanam Bawang merah adalah tanah yang gembur dengan cara mencangkul nya sedalam 20 cm, jika kondisi keasaman tanah kurang dari pH 5,6 maka gunakan kapur atau dolomit sebanyak 1-1,5 ton untuk satu hektar lahan. Penambahan kapur sebaiknya digunakan sekitar 2 minggu sebelum tanah ditanami.
Pada lahan tanam buatlah beberapa bedengan dengan lebar 1-1,2 meter, tinggi bedengan 50 cm, dan panjang bedengan disesuaikan dengan lahan yang tersedia.
Jarak antar bedengan sekitar 50 cm, sekaligus digunakan sebagai parit dengan kedalaman 50 cm. Dengan permukaan bedengan yang rata.
Gunakan pupuk kandang matang + Supernasa + Glio + Power Nutrition + Hormon sebagai pupuk dasar, dengan cara menebarkan / mengocorkannya dan  kemudian mengaduk dengan tanah sampai rata.
Bisa juga dengan di tambah pupuk kimia seperti ZA, SP-36 dan KCL sebanyak 47 Kg, 311 Kg dan 56 Kg untuk lahan seluas satu hektar.


3. Menanam Benih Bawang 

Siapkan benih atau umbi bawang merah yang sudah di siapkan untuk di tanam, jika bibit yang digunakan berusia kurang dari 2 bulan sebaiknya dilakukan penggoresan pada bagian ujung umbi, sekitar 0,5 cm karena bertujuan untuk memecah masa dorman agar tunas tanaman tumbuh lebih cepat.

Pada musim kemarau  bawang merah di tanam dengan jarak 15 x 15 cm, jika di tanam saat musim penghujan menggunakan jarak  20 x 20 cm.
Cara menanam benih bawang merah yaitu dengan membenamkan seluruh bagian umbi ke dalam tanah.


4. Merawat Bawang Merah Agar Subur dan Cepat Berbuah

Untuk perawatan Budidaya Barang merah yang perlu diperhatikan adalah penyiraman tanaman, usahakan dilakukan 2x sehari yakni pada waktu pagi dan sore hari, cukup sampai 10 dari masa awal tanam, setelah itu cukup 1 kali sehari. Sebaiknya pada hari ke 5 hst penyiraman dicampurkan dengan Supernasa + Hormon agar pertumbuhan bawang merah semakin cepat tan semakin subur.

Pemupukan, yang dilakukan ketika tanaman berumur 2 minggu dari awal tanam. Pupuk yang digunakan adalah campuran dari KCI, ZA, urea, Supernasa, Glio, Power Nutrition dengan perbandingan 112 Kg, 200 Kg, 93 Kg 30 sdm , 100gr dan 20 ssdm.

Pemberian pupuk selanjutnya dilakukan ketika tanaman memasuki usia 5 minggu dengan komposisi pupuk urea 47 Kg, ZA 100 Kg, KCI 56 Kg per hektar, Supernasa 30 sdm dan Power Nutrition 20 sdm. Cara pemupukan nya adalah dengan membuat guritan di sekitar tanaman atau biisa di lakukan penusukan di 4 titik mata angin sekitar batang tanaman atau juga bisa di kocorkan dari ujung batang sampai 20 cm daun terluar.


5. Mengendalikan Hama Penyakit Tanaman Bawang Merah

Ada beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman bawang merah yaitu  hama ulat dan layu, yang sering menyerang tanaman daun bawang adalah ulat.

Adanya bercak putih yang di timbulkan pada daun merupakan gejala hama ulat, karena jika daun yang bercak putih di teropong bisa terlihat bekas gigitan ulat.
Secara manual hama ini bisa di atasi dengan cara mengambil ulat dan telur secara langsung, lalu memusnahkan nya.


Tetapi, sejak awal olah tanah sudah di berikan Glio, maka jaminan tanaman bawang merah aman dari segala hama virus penyakit bawang merah.



Untuk Konsultasi & Pemesanan Paket Lengkap Pupuk Tanaman Terbaik, Silahkan Hubungi :

  • Nama   : Agus Setiawan
  • No HP / WA  :  0822 2151 6031
  • No. ID NASA  : N - 465572


Atau Silahkan KLIK Tombol Whatsapp Di Bawah Ini :


Pengiriman Paket Pesanan Pemesan langsung di packing di Kantor Pusat PT. Natural Nusantara dan Kemudian akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi yang sudah lama bekerja sama dengan kami, yaitu :

  • JNE
  • J&T
  • POS INDONESIA Kilat KHusus
  • WAHANA CARGO
  • INDAH CARGO

Dan Akan Selalu Kami Berikan Resi Bukti Pengiriman dari jasa ekspedisi yang digunakan kepada Setiap Pemesan sebagai Bukti Bahwa Produk Pesanannya Sudah Benar Benar Di kirimkan ke alamat pemesan.



No ID Resmi Nasa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Padi Paling Hemat Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Kakao Dijamin Berbuah Lebat dan Terus Menerus

Cara Budidaya Cengkeh Cepat Berbuah Dan Panen Melimpah (DIJAMIN)